Diserang Hama Bulai, Petani Jagung Purworejo Gagal Panen

POSTotabuan.com, Modayag – Sejumlah petani jagung di Desa Purworejo Kecamatan Modayag Boltim, tahun ini mengalami gagal panen. Dimana lokasi lahan milik para petani yang di tanami jagung tersebut terserang hama, sehingga jagung mereka tak bisa lagi di panen.

Indro Widodo salah satu petani jagung mengungkapkan, dimana sudah tujuh bulan ini tanaman jagung miliknya mendapat serangan hama atau penyakit bulai.

“Tahun ini, sudah dua kali kami gagal panen jagung. Hama tersebut menyerang melalui akar tanaman hingga batang potong, sehingga pohonnya tak bisa keluar buahnya, ” ungkap Widodo, Selasa (19/4/16) sore tadi.

Akibat dari serangan hama tersebut, dia dan petani lainnya merugi hingga capai jutaan rupiah. Mulai dari pembelian bibit, pupuk, obat-obatan sampai pada ongkos pembayaran tenaga pekerja. “Tetapi sejak adanya serangan hama, hingga saat ini belum ada pemberian bantuan dari Pemkab Boltim melalui instansi terkait. Yang paling utama adalah bantuan berupa obat – obatan, tapi dinas terkait hanya tinggal diam saja, ” katanya.

Sayangnya, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Disatanak) Pemkab Boltim Ramlah Mokodompis, saat di konfirmasi tak memberikan keterangannya terkait keluhan petani jagung Purworejo. Pasalnya, saat dihubungi nomor Mokodompis tidak dalam keadaan aktif. (dyr)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*